Mazda2 Hatchback Lincah Dan Bergaya
Kelas Compact Hatchback 1.500 cc yang sejak 2004 dikuasai oleh Honda Jazz membuat sejumlah merek lain tergiur akan pasar ini. Tak terkecuali Mazda. Meski harus menghadapi merek besar yang terlebih dahulu eksis seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris, mereka toh tak gentar. Mazda2 pun menjadi senjata andalan mereka.
Saat ini Mazda2 memiliki populasi cukup banyak di Tanah Air. Alhasil, pasar bekasnya juga cukup sehat layaknya para pesaing kuat lain. Kekuatan mesin serta penampilan bodi yang stylish membuatnya digemari kalangan muda.
Walau memiliki basis serupa Ford Fiesta, Mazda memilih bentuk bodi yang secara radikal berbeda dibanding saudaranya. Tapi ia tetap mirip dengan Fiesta dalam hal keakuratan pengendalian. Apalagi di tipe R yang memiliki ban 16 inci berprofil 45 yang menambah kepresisiannya.
Dalam hal kelengkapan mobil ini juga cukup menonjol. Saat peluncuran saja ia sudah memiliki sistem audio terintegrasi. Bahkan Mazda kemudian memberi sistem hiburan yang cukup canggih dengan layar TV terintegrasi serta kamera parkir. Versi terakhir dari Mazda2 juga memiliki fasilitas browsing internet. Hal ini sesuai dengan gaya hidup modern.
Popularitas Mazda2 membuat harga bekas mobil ini cukup bertahan. Dan ini semakin menguatkan Mazda sebagai merek unggulan di Indonesia.
HISTORY |
2009 Mazda2
diperkenalkan ke publik untuk pertama kalinya. Ia bahkan diluncurkan
jauh sebelum Ford Fiesta yang berbagi basis dengannya. Mengusung mesin
1.498 cc bertenaga 103 dk, Mazda2 mungkin bukan yang tercepat di
kelasnya. Tapi dalam hal pengendalian ia sangat bertaji. Saat peluncuran
Mazda2 ditawarkan dalam 2 trim kemewahan dengan pilihan transmisi
manual dan otomatis. 2010 Mazda menambahkan entertainment system canggih di mobil ini. Layar TV besar terintegrasi kini hadir di dasbor, membuat tampilannya lebih mewah dan modern. Fungsi yang ditawarkan juga cukup banyak, meliputi pemutaran berbagai format multimedia, kamera mundur sampai navigasi. Fitur ini hadir di tipe teratas. 2012 Revisi dalam bentuk facelift dilakukan ke mobil ini. Dari luar ada sedikit perbedaan pada detail lampu dan bumper. Sedangkan di dalam, sistem hiburan canggihnya diperhebat dengan kemampuan browsing internet. Sebuah fitur yang bahkan mobil premium pun masih jarang memilikinya. |
CHECKLIST |
MESIN Karena banyak anak muda memiliki mobil ini, bisa jadi mesinnya sering dipakai berakselerasi. Sebetulnya ini tidak akan menjadi problem, asalkan tidak dilakukan modifikasi berlebihan dan dirawat sesuai jadwal. PELEK Penggunaan ban profil 45 memang membuat pengendalian membaik, tapi pelek rentan rusak saat melibas jalan rusak terlalu cepat. Periksalah kondisi peleknya apakah masih baik, karena penggantian pelek asli menuntut biaya lumayan besar. ENTERTAIMENT SYSTEM Karena termasuk salah satu kelebihan mobil ini, cek sistem hiburannya. Cobalah semua fiturnya dan pastikan masih berfungsi baik. Lihat juga apakah layar monitornya masih bersih dari goresan kuku atau benda tajam. |
Perhatikan! |
RUANG BELAKANG Mazda2 tidak diciptakan sebagai mobil keluarga besar, oleh sebab itu ruang belakangnya juga terbatas. Pastikan hal ini tak bermasalah dengan kebutuhan Anda. BUKU SERVIS Karena relatif masih baru, perawatan Mazda2 seharusnya dilakukan di bengkel resmi. Mintalah buku servis dan perhatikan apakah perawatan dilakukan secara reguler di bengkel resmi. TRANSMISI Bila Anda memilih varian transmisi otomatis, harap dicatat bahwa sistemnya masih cukup konvensional dan tak dilengkapi moda perpindahan secara manual. Bila ingin yang lebih agresif, sebaiknya pilih transmisi manual. |
Berapa biaya yang harus dikeluarkan? | ||
Mazda 2 S M/T | 2009 | Rp 150 juta |
2010 | Rp 160 juta | |
2011 | Rp 165 juta | |
Mazda 2 S A/T | 2009 | Rp 160 juta |
2010 | Rp 165 juta | |
2011 | Rp 170 juta | |
Mazda 2 R M/T | 2009 | Rp 160 juta |
2010 | Rp 170 juta | |
2011 | Rp 175 juta | |
Mazda 2 R A/T | 2009 | Rp 165 juta |
2010 | Rp 175 juta | |
2011 | Rp 185 juta | |
Spare Parts | ||
Filter oli | Rp 45.000 | |
Filter udara | Rp 266.000 | |
Fuel pump | Rp 2.132.000 | |
Sokbreker depan | Rp 743.000 / piece | |
Sokbreker belakang | Rp 728.000 / piece | |
Link stabil | Rp 405.000 | |
Kampas rem depan | Rp 712.000 | |
Kampas rem belakang | Rp 915.000 | |
Piringan rem depan | Piringan rem depan | |
Piringan rem belakang | Rp 915.000 | |
Busi | Rp 389.000 / piece |
0 komentar:
Posting Komentar